Indonesia

Archive for April, 2010

Sony Ericsson Vivaz sudah hadir di Indonesia

Friday, April 30th, 2010

vivaz-unboxing-tekimania

Pertengahan April ini, Sony Ericsson menghadirkan Vivaz di Indonesia. Keunggulan utama Vivaz adalah kemampuan merekam video dengan kualitas High Definition (HD). Harga yang ditawarkan berada pada kisaran IDR 4.4-4.5 juta. Meskipun disambut antusias oleh penggemar Sony Ericsson, kekhawatiran nampak disuarakan karena penggunaan Symbian OS 5th edition — yang juga digunakan untuk Satio — yang nampaknya dirasa masih kurang mumpuni.

Menurut review yang sudah membeli, dalam paket pembeliannya diperoleh kartu memori microSD 8GB, handsfree HPM60, screen protector 2 buah (1 buah langsung dipasang), pouch dari kulit, tripod, dan stylus. Secara umum, meski ada kelebihan dan kekurangan, Vivaz cukup cocok untuk Anda yg membutuhkan alat multimedia kamera/video kompak.

Jika Anda membutuhkan keyboard, nantikan kehadiran Vivaz Pro dengan mode sliding keyboard. Informasi lebih lanjut tentang Sony Ericsson Vivaz, beserta spesifikasinya, bisa Anda lihat tautan ini. Jangan lupa, Anda bisa menggunakan fring di ponsel berbasis Symbian OS 5th edition ini.

Disclaimer: foto milik tekimania dari forumponsel.com http://bit.ly/bmom9n

Indosat luncurkan DC-HSPA+ dengan kecepatan hingga 42Mbps!

Friday, April 30th, 2010

Indosat per bulan Mei ini meluncurkan kualitas layanan data Dual Carrier (DC) HSPA+ yang diklaim mencapai kecepatan hingga 42Mbps! Indosat adalah operator pertama di Asia dan kedua di dunia yang menggunakan teknologi ini. Sebelumnya Telstra dari Australia telah menginisasinya lebih dulu. Silakan baca-baca di wikipedia jika ingin sedikit mengetahui teknis DC-HSPA+.

Dengan pengembangan ini, Indosat menjanjikan kualitas layanan yang jauh lebih baik untuk penggunaan high speed browsing, HDTV & Video Streaming, HD Video Conference, Ultra Fast Download, High Speed File Transfer, dan High Definition Remote Monitoring. Awalnya kualitas ini baru dapat dinikmati secara terbatas di beberapa kawasan di Jakarta, namun akan dapat dinikmati di berbagai kota di Jawa dan beberapa kota di Kalimantan dan Sulawesi.

Selain Indosat, Telkomsel pada saat yang sama sedang melakukan observasi terhadap kualitas HSPA+, sementara XL Axiata sendiri nampaknya tancap gas untuk langsung menjajaki kemungkinan implementasi LTE. Kesemuanya, entah kebetulan atau keunggulan, didukung oleh kehandalan teknologi mobile dari Ericsson.

TMC Polda Metro Jaya luncurkan aplikasi Nokia untuk update informasi lalu lintas

Friday, April 30th, 2010

Update informasi Traffic Management Control (TMC) Polda Metro Jaya yang selama ini terutama dapat dinikmati dengan Twitter, sekarang dapat pula dinikmati oleh pengguna ponsel pintar Nokia seri tertentu. Tersedia di Ovi Store, aplikasi ini dapat diunduh di alamat http://store.ovi.com/content/32105.

Aplikasi ini secara umum tidak jauh berbeda dengan informasi yang diberikan lewat Twitter. Secara berkala diinformasikan kepadatan lalu lintas di berbagai titik di wilayah Jakarta Raya, baik tentang kemacetan, kecelakaan, ataupun genangan atau perbaikan jalan.

Berdasarkan riset kecil-kecilan yang saya lakukan, aplikasi ini hanya tersedia untuk ponsel Nokia 6210 Navigator, N96, E71 dan ponsel QWERTY setelahnya, serta N97 dan ponsel layar sentuh lainnya. Aplikasi ini dibuat oleh Elasitas yang selama ini berpengalaman membuat aplikasi berbasis Symbian.

Twitter dengan SMS kini tersedia di semua operator GSM Indonesia

Friday, April 30th, 2010

Diawali oleh Tri dan AXIS, sekarang ber-Twitter dengan SMS sudah dapat dilakukan di semua operator GSM, termasuk XL Axiata, Indosat, dan Telkomsel. Cukup ikuti petunjuk penggunaan Twitter dengan SMS di sini, kirimkan ke 89887 (twttr), dan voila Anda dapat ber-Twitter tanpa perlu menggunakan ponsel pintar.

Twitter sendiri pada awalnya dirancang oleh Odeo sebagai fitur komunikasi 140 karakter dengan SMS. Lambat laun, justru Twitter malah lebih populer di ranah maya, dan tak cuma teks, juga memuat gambar dan bahkan video. Meskipun demikian, Twitter tetap berkomitmen untuk menyebarkan penggunaan Twitter melalui SMS dengan bekerja sama dengan berbagai operator telekomunikasi di dunia.

Twitter sendiri, selain melalui web, sudah mulai merambah ke arah aplikasi untuk “mengisi lubang” yang selama ini ditinggalkannya. Bekerja sama dengan RIM, Twitter membuat Twitter untuk BlackBerry, serta mengakuisisi Tweetie untuk dijadikan aplikasi resmi di platform iPhone. Oh ya, fring juga bisa digunakan sebagai aplikasi client Twitter lho.

Rumor: Telkomsel bakal masukkan ponsel Android lagi, termasuk Nexus One?

Wednesday, April 28th, 2010

nexus_one

Beberapa waktu terakhir ini, Telkomsel melalui akun Twitter @telkomseldroid, mulai kembali gencar mensoalisasikan ponsel Android di ranah maya. Sebelumnya, Telkomsel merupakan operator pertama yang menawarkan Android di Indonesia dengan HTC Magic, tapi saat itu dengan minimnya informasi tentang Android penjualannya belum sesuai dengan yang diharapkan.

Saat ini diperkirakan Android sudah mulai mencapai tahap dikenal di Indonesia, dengan kompetitor Indosat dan XL mulai menawarkan sejumlah ponsel berbasis Android dengan sambutan cukup baik dari masyarakat. Tak mau ketinggalan, melalui akun Twitter-nya itu nampaknya Telkomsel tengah bersiap memasuki pasar Android lagi, bahkan dirumorkan untuk membawa Google Phone, Nexus One, secara resmi ke Indonesia. Nexus One saat ini hanya ditawarkan di USA, Hong Kong, Singapura, dan baru-baru ini di UK.

Tentu saja jika benar, ini merupakan berita baik bagi para pecinta gadget di tanah air dengan semakin banyaknya pilihan. Catatan buat pihak Telkomsel supaya penjualan Android-nya baik, persiapkan infrastruktur data dengan baik dan handal karena ponsel Android dikenal memiliki kebutuhan data cukup banyak untuk widget dan service yang jalan di belakang.

Sony Ericsson X10 secara resmi diluncurkan di Indonesia

Wednesday, April 28th, 2010

Sony-Ericsson-Xperia-X10

Setelah tertunda peluncurannya saat Indosat Android Expo bulan Maret lalu, akhirnya Sony Ericsson X10 yang merupakan ponsel Android pertama dari Sony Ericsson diluncurkan secara resmi di Senayan City. X10 yang mengusung Android OS 1.6 dengan kustomisasi MediaScape dan TimeScape.

Sony Ericsson X10 memiliki kelebihan di layarnya yang lebar, 4 inci, dan kualitas hasil kamera 8 megapiksel yang di atas rata-rata ponsel Android yang lain. Meskipun demikian, versi OS 1.6 ini cukup terbelakang jika dibandingkan dengan ponsel-ponsel baru Android lainnya yang sudah menggunakan OS 2.1. Selain itu, sampai sekarang belum ada dukungan multitouch di ponsel ini.

Harga awalan X10 cukup mahal sebenarnya, berada di kisaran IDR6,999,000 atau cukup setara dengan iPhone 3GS, dan merupakan harga ponsel Android yang paling mahal saat ini di Indonesia. Jangan lupa gunakan fring di X10 untuk kebutuhan berkomunikasi melalui WiFi.

BlackBerry Storm2 belum tentu masuk Indonesia melalui operator

Wednesday, April 28th, 2010

new-blackberry-storm-2

Pihak RIM telah mengumumkan bahwa BlackBerry Storm2 akan masuk ke Indonesia pada akhir April atau awal Mei ini. Meskipun demikian, berkaca pada hasil penjualan Storm edisi awal, sulit dipastikan ada operator yang ingin memasukkan seri ini. Storm pertama, meskipun bisa terjual sesuai target oleh Telkomsel dan Indosat, tidak dapat menyaingi kepopuleran ponsel RIM dengan QWERTY.

Pihak Indosat sendiri, yang sebelumnya yakin bahwa Storm memiliki niche sendiri, sekarang menyatakan pikir-pikir untuk secara resmi meluncurkannya ke publik. Jikalau nantinya tidak ada operator di Indonesia, total sudah ada 6 operator GSM dan CDMA yang merupakan partner RIM, kemungkinan produk ini akan ditawarkan oleh TAM sebagai distributor resmi non operator.

Storm2 adalah seri layar sentuh terbaru RIM yang terdiri dari 2 seri, 9520 dan 9550. 9520 dikhususkan untuk jaringan GSM, sementara 9550 sebaiknya digunakan untuk jaringan CDMA. Dibandingkan pendahulunya, Storm2 memiliki kelebihan jaringan WiFi, kartu grafis yang lebih baik, dan teknologi layar sentuh piezo-elektrik.

Pengguna Android – Anda ber-fring, tapi apakah Anda juga ber-MEGAfring??

Friday, April 9th, 2010

Kami telah mendapatkan timbal balik yang luar biasa dari pengguna Android di rilis terbaru. Terima kasih atas timbal baliknya.

Kebanyakan pengguna Android menggunakan ponsel, tapi tahukah Anda bahwa fring juga bekerja di berbagai jenis device Android termasuk “Mobile Internet Devices” (juga dikenal sebagai ‘MID’).

Lihatlah fring beraksi dalam Camangi Android webstation yang keren ini.

Jika Anda memiliki satu dari Android MID ini, kirimkan demo video fring Anda di kolom komentar berikut.