Indonesia
Telkomsel luncurkan jaringan DC-HSPA+ 42 Mbps dan ujicoba LTE

Bertempat di Hotel Gran Melia Jakarta, Telkomsel sebagai operator terbesar di Indonesia dalam hal jumlah pelanggan mengumumkan peluncuran kualitas jaringan Dual Carrier – HSPA+ yang diklaim mampu mencapai kecepatan puncak network throughput hingga 42 Mbps. Layanan ini serupa dengan yang sudah diumumkan oleh Indosat sebelumnya.

Selain itu Telkomsel juga memulai riset terhadap implementasi Long Term Evolution (LTE) yang kadang disebut sebagai jaringan 3.9G, kandidat kuat untuk jaringan 4G, yang kabarnya dapat mencapai kecepatan puncak 150 Mbps.

Telkomsel sudah menyadari bahwa kebutuhan data sudah menjadi kebutuhan utama pengguna ponsel, selain untuk kebutuhan panggilan (call) dan teks/SMS. Mengingat ARPU pelanggan (terutama pelanggan prabayar) yang semakin menurun, paket data bisa jadi merupakan lumbung baru sumber pendapatan operator, dengan kebutuhan akses Internet di mana saja dan kapan saja yang makin meningkat.

Untuk memanfaatkan kualitas jaringan secepat ini, Telkomsel telah mem-bundle modem yang diberi nama Next Gen Flash Modem. Implementasi LTE sendiri dikabarkan paling cepat sekitar tahun 2012, meskipun beberapa pakar mengatakan bahwa LTE yang sepenuhnya baru bisa diimplementasi sekitar tahun 2015.

Tags: , , , ,

Beri komentar
Situs web